Contoh Desain dan Denah Rumah Minimalis Type 100

Memiliki rumah minimalis type 100 bisa menjadi keuntungan tersendiri sebab rumah tipe ini tergolong rumah ukuran besar dan dapat dengan mudah dieksplorasi menjadi hunian mewah. Desain dan denah rumah minimalis type 100 mencerminkan sebuah bangunan kokoh seluas 100 meter persegi dan dapat dibangun dengan 2 lantai. Dengan luas bangunan sebesar ini, tentu sangat mudah bagi pemilik rumah untuk menentukan jumlah ruangan tanpa harus terkendala minimnya luas rumah.


Model Desain Minimalis Rumah Type Plafon Modern

Rumah minimalis type 100 memang dapat dibangun 1 lantai atau 2 lantai, namun secara fisik tampilan desain 1 lantai sendiri sepintas mirip dengan 2 lantai. Hal ini disebabkan luas bangunan yang cukup besar sehingga mau tak mau bangunannya sendiri harus dibuat lebih tinggi. Atau hal tersebut disebabkan oleh konsep lantai split yang diterapkan pada desain rumah, dimana ruang tamu serta teras rumah berada diatas garasi yang ada di elevasi sekitar 2.2 meter. Jika dibandingkan dengan elevasi pada rumah 2 lantai memang perbedaannya tidak terpaut jauh dimana rumah dengan 2 lantai memiliki elevasi sekitar 3.5 meter hingga 4 meter. Jadi boleh dibilang rumah type 100 adalah rumah yang didesain satu setengah lantai.
1 Lantai Lebih Efektif
Jika dilihat dari desain dan denah rumah minimalis type 100, rumah ini memang lebih efektif dibangun dengan 1 lantai. Hal ini cukup beralasan sebab selain lebih hemat dari sektor pendanaan, semua komponen utama dalam rumah seperti kamar tidur, ruang keluarga, kamar tidur utama, dapur, serta kamar mandi umumnya berada di lantai dasar. Jadi struktur bangunan rumah type 100 dengan 1 lantai lebih efisien sebab hanya pada saat menerima tamu saja yang biasanya dilakukan di lantai split. Itupun kita cukup menaiki tangga setinggi 2.2 meter saja.
Dengan menggunakan konsep lantai split, perhitungan secara kasar kita hanya membutuhkan tanah seluas 144 meter persegi atau dengan ukuran ideal 9 m x 16 m. Dengan luas rumah 100 meter persegi, secara keseluruhan dapat mengakomodasi beberapa kebutuhan misalnya 3 buah kamar tidur, 1 ruang makan, 1 ruang keluarga, 1 kamar mandi, dan 1 ruang keluarga. Misalnya kita ambil 100 meter persegi untuk luas bangunan, maka kita masih memiliki sisa lahan seluas 44 meter persegi. Sisa luas lahan tersebut dapat kita manfaatkan untuk fungsi lain seperti taman, halaman, carport, atau tempat khusus bermain anak. Jika lokasi rumah harus dibangun di pinggir jalan raya sebaiknya posisi rumah dibuat sedikit menjorok ke belakang sehingga sisa lahan nantinya berada di depan rumah. hal ini sekaligus untuk menghindari suara bising kendaraan akibat rumah yang terlalu mepet di jalan raya.


 


 

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
April 20, 2015 at 10:17 PM ×

waaw desain rumahny keren2 skali gan (Y)
klo bleh tahu gambar rumah yg terkahir itu budgetny brapa ya gan ???
oiya gan btw agan ada info seputar jual rumah tegal yg menyediakan rumah type 36/90 itu dmna ya gan ??
dtunggu infony ya gan mkasih
salam sukses ;)

Selamat Unknown dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Thanks for your comment