Membuat Pondasi Rumah Yang Kokoh


Merancang pondasi yang kuat sangatlah penting dalam membangun rumah. Sebab, pondasi merupakan tapak atau tempat bangunan bertumpu. Karenanya, pondasi merupakan kontruksi pertama yang dibangun sebelum menginjak ke kontruksi berikutnya.


Membuat Pondasi Rumah
Membuat Pondasi Rumah

Kuat atau tidaknya sebuah bangunan rumah sangat tergantung pada pondasi. Jika pondasi lemah, maka kemungkinan besar bangunan rumah akan mengalami penurunan dan kerusakan. Sebaliknya, jika pondasi kuat, bangunan di atasnya akan dapat kukuh berdiri.
Terdapat beberapa cara untuk membuat pondasi. Yang pertama adalah dengan menggunakan batu kali yang direkatkan dengan campuran semen dan pasir dengan perbandingan 1:4. Ada juga tehnik yang lain, yaitu dengan menggunakan sistem beton bertulang dengan campuran semen, pasir dan kerikil dengan perbandingan 1:2:3 dan di dalamnya diberi tulangan besi.



Agar pondasi kuat, maka tekanan beban yang dipikulnya harus merata. Untuk itu dipasang sloop yang terbuat dari tulangan besi yang di cor dengan campuran semen, pasir dan kerikil 1:2:3.
Untuk lebih memperkuat pondasi, terdapat juga tehnik dengan memasang plastik polyfiled, yaitu plastik yang biasa digunakan sebagai tenda pedagang kaki lima. Plastik tersebut digelar pada galian pondasi. Taburkan kerikil di atas plastik tersebut dengan ketebalan 15-20 cm, kemudian dipadatkan hingga merata. Setelah itu, buatlah pondasi, baik dengan menggunakan tatanan batu kali atau menggunakan sistem beton.



Dengan cara tersebut di atas, pondasi rumah akan kuat, daya tahan yang lama dan stabil, serta mampu menahan beban bangunan yang terletak di atasnya.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment