Desain Ruang Tamu Sederhana

Definisi desain interior ruang tamu sederhana mungkin sangat universal. Bisa jadi arti ruang tamu sederhana adalah sebuah ruangan dengan luas standar namun menggunakan konsep desain yang sederhana. Disisi lain ruang tamu sederhana bisa juga berupa ruang tamu ukuran kecil yang menerapkan unsur desain minimalis didalamnya. Terlepas berapapun luasnya, desain interior ruang tamu menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan mengingat ruang tamu sederhana dapat di-upgrade menjadi ruangan yang nyaman dan terlihat mewah dengan sentuhan desain yang tepat.



Semua tentu mengerti bahwa ruang tamu ideal hanya dapat terealisasi jika mempertimbangkan poin-poin penting misalnya mood, harmoni, dan fungsionalitas dari ruangan itu sendiri. Terkait dengan keleluasaan serta flow ruang, perlu adanya kiat khusus untuk lebih memprioritaskan kenyamanan bagi penghuni rumah.



Pentingnya Focal Point
Untuk memberi keleluasaan pada ruang tamu sederhana perlu diciptakan focal point atau satu titik tertentu yang merupakan pusat di area ruang tamu. Focal point ini yang nantinya berperan membantu penataan ruang tamu hingga terlihat sempurna. Focal point sendiri boleh dibilang lokasi khusus di ruang tamu yang umumnya menjadi pusat perhatian, misalnya berupa meja ditengah-tengah ruang tamu yang diapit sofa, atau berupa perangkat televisi dan sound sistem kecil, bahkan bisa berupa perapian.



Focal point yang diterapkan pada desain interior ruang tamu sederhana dapat digantikan dengan desain khusus pada salah satu sisi dinding ruang tamu. Dalam hal ini sisi-sisi dinding yang lain dibiarkan dengan desain sedehana, sementara desain khusus bisa difokuskan pada salah satu dinding saja. Beri sentuhan lain pada dinding tersebut misalnya memberi kombinasi warna cat yang menarik kemudian disempurnakan dengan beberapa pernak-pernik seperti lukisan dan foto dalam pigura. Jika tidak ingin terlalu repot dengan pewarnaan dan aksesoris, focal point dapat diganti dengan wallpaper, tentu saja tetap menggunakan salah satu sisi dinding ruang tamu.



Sebelum focal point diaplikasikan pada salah satu dinding, harus dipastikan dinding dalam kondisi prima (rata dan tidak bergelombang). Sebab jika memilih wallpaper untuk focal point maka keindahan wallpaper tersebut akan berkurang apabila dinding terlihat bergelombang. Dengan kata lain dinding yang tidak rata semakin terlihat jelas karena motif wallpaper akan mempertegas tekstur dari dinding yang kurang rata tersebut. Untuk retakan kecil-kecil (retak rambut) akan semakin terlihat jika dinding focal point hanya diekspos biasa, sebab tampilan wallpaper polos membuat retak rambut semakin menonjol. Oleh sebab itu sebelum menentukan focal point dibagian dinding, harus dipastikan tidak terdapat retakan rambut atau tekstur yang tidak rata pada dinding. Jika memang ada retakan atau dinding bergelombang sebaiknya acian dinding diperbaiki dulu.

    


















Previous
Next Post »
Thanks for your comment