Desain Kamar Tidur Sempit Terkesan Luas


Banyak yang menginginkan mempunyai kamar yang luas dan lega. Namun karena keterbatasan lahan rumah, seringkali keinginan tersebut tidak terpenuhi. Tapi sebenarnya, meski kamar tidur yang sempit, dengan desain yang baik, dapat terkesan luas.



Untuk membuat kesan luas pada kamar tidur sempit bukanlah pekerjaan yang rumit. Ada beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan, tanpa perlu repot mengeluarkan banyak biaya. Namun hasil yang didapatkan akan membuat kamar tidur sempit terkesan luas dan nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas seperti belajar, menonton tv ataupun bekerja dengan laptop. Dan yang terpenting kamar juga akan menjadi nyaman untuk istirahat melepas penat.



Berikut adalah beberapa tips dalam desain kamar tidur sempit agar terkesan luas dan nyaman :
  • Gunakan warna-warna netral sebagai warna dominan pada kamar, seperti pada dinding kamar tidur. Dengan warana krem memberi kesan lembut dan juga lega. Penggunaan warna-warna cerah atau gelap justru membuat ruang terasa menyempit.
  • Untuk jendela, jangan lah menggunakan warna yang menabrak warna dinding. Gunakan warna yang selaras. Selain itu, tirai jendela pilih yang lurus. Hindari tirai bergelombang, sebab memberi kesan rumit dan membuat space kamar terlihat menyempit.
  • Pada tempat tidur, warna sprei dan bantal pilih yang senada. Corak atau warna sprei yang ramai sebaiknya dihindari. Pilih yang sederhana dan tidak terlalu banyak corak agar ruang tidak terasa penuh.
  • Perabotan yang ada dalam kamar sebaiknya hanya perabotan yang mendukung aktifitas secukupnya saja. Ukuran perabotan juga tidak terlalu besar agar kamar tidak terlalu penuh.
  • Berbagai hiasan seperti foto dan lukisan sebaiknya ditempelkan di dinding. Pilih tema-tema foto atau lukisan yang sejenis pada salah satu area. Hal ini untuk memberi aksen dan menghindari kesan monoton ruang kamar.
  • Aksesoris tempat tidur, seperti vas, hiasan bunga ataupun  lampu kamar, pilih yang berukuran kecil dan sesedikit mungkin. Kamar yang sempit dan kecil tidak mungkin jika dipenuhi denhga berbagai aksesoris dan barang.
  • Dan yang terpenting, gunakan tempat penyimpanan yang mempunyai fungsi ganda, seperti tempat penyimpanan yang berfungsi sebagai tempat duduk. Dengan trik seperti ini, tempat penyimpanan barang tidak mengurangi fungsi perabotan yang dibutuhkan di dalam kamar.

     

Previous
Next Post »
Thanks for your comment