Tips Cara Mencegah Pagar Tralis Tidak Cepat Karat

 

Tips dan Trik Cara Mencegah Pagar Karatan dan Tetap Mengkilat Terbaru 2014
Pagar merupakan elemen yang paling serig terkena karat karena letaknya yang diluar rumah. Karat menjadi penyebab utama kerusakan pada pagar besi. Oleh karena itu, pagar besi biasanya dicat agar karat tak mudah tumbuh.


Karat pada pagar besi tumbuh karena adanya reaksi oksidasi. Tiga elemen yang memungkinkan terjadinya reaksi itu adalah air, oksigen, dan garam terlarut. Reaksi oksidasi dari pertemuan tiga bahan ini pada medium besi itulah yang menyebabkan timbulnya karat.

Untuk mencegah besi pagar berkarat, harus dilakukan pemutusan hubungan besi dari ketiga bahan itu. Salah satu jalan praktisnya dengan memberi lapisan cat anti karat pada besi atau logam.

Tingkat kerusakan yang diakibatkan oleh karat ada bermacam-macam, mulai stadium awal hingga ke tingkat yang dapat menghilangkan bahan besi itu sendiri. Kondisi besi dengan tingkat kerusakan awal masih bisa diperbaiki. Jika jika sudah pada tingkat hilangnya bahan besi, otomatis harus dilakukan penggantian.

Namun, daripada mengganti keseluruhan atau sebagian besi pagar, cara terbaik adalah mencegah timbulnya karat. Untuk ini, biasanya orang mengecat seluruh permukaan besi pagar. Prosesnya pun harus tepat, sehingga fungsi pengecatan ini maksimal.

Nah, kira-kira begini proses pengecatan yang tepat:

- Sikat bagian logam (besi) yang berkarat, lalu ampelas hingga bagian tersebut benar-benar bersih.

- Bila pada permukaan besi masih terdapat kotoran debu dan minyak, bersihkan dengan kain lap kering.

- Aplikasikan cat besi yang mengandung antikarat. Dengan demikian selain sebagai lapisan cat primer juga sekaligus menjadi top coat  atau cat finish yang diformulasikan khusus dalam satu kemasan. Praktis. Selain cat itu tahan cuaca, banyak pilihan warna dekoratif.

- Jika pengaplikasian tidak memakai cat tersebut, Sahabat Spectrum dapat menggunakan cat dasar (cat meni) terlebih dahulu. Tunggulah sampai satu hari, setelah itu baru aplikasikan cat finish
Previous
Next Post »
Thanks for your comment