Kekurangan Dan Kelebihan Berinvestasi Ruko

Kelebihan dan Kekurangan Berinvestasi Ruko - Rumah toko atau lebih dikenal dengan ruko merupakan salah satu properti komersial yang saat ini cukup menjanjikan untuk dijadikan investasi masa depan. Namun sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke bisnis properti ruko ada baiknya menyimah terlebih dahulu artikel Kelebihan dan Kekurangan Berinvestasi Ruko ini.


Keuntungan Investasi Ruko
Seperti yang dikutip dari buku karya Panangian Simanungkalit, “Menjadi Kaya Melalui Properti” menjelaskan bahwa dibandingkan investasi sewa rumah, maka investasi dalam betuk bangunan ruko terdapat banyak keuntungan dan kelebihan tersendiri, namun di sisi lain ada juga kelemahannya. 
Berikut Blog Rumah Minimalis akan menguraikan beberapa kelebihan atau keuntungan serta kekurangan dalam berinvestasi ruko. 

Keuntungan Berinvestasi Ruko

Kontrak sewa umumnya lebih panjang dari sewa rumah, yakni antara 2-3 tahun. Pasalnya, penyewa ruko harus mempertimbangkan atau memperhitungkan keuntungan yang didapatnya dengan menyewa dengan jangka waktu lebih lama (yang tentunya semakin lama jangka sewa, akan semakin murah biaya sewa), terlebih apabila penyewa memang sudah merasa cocok dengan di lokasi ruko tersebut. 
Adakalanya, penyewa ruko baru mendapatkan titik impas atau break even point pada tahun kedua. Dengan perhitungan menyewa ruko tersebut selama 3 tahun, maka pada tahun ke tiga, mereka akan dapat menikmati laba bisnisnya di lokasi ruko itu.
Capital rate ruko berkisar antara 6% – 9 %. Tingkat pengembalian pada investasi ruko akan lebih besar jika dibandingkan dengan bisnis rumah sewa. Ini dikarenakan luas bangunan ruko yang lebih besar jika dibandingkan dengan luas tanahnya. Selain itu pula pada umumnya ruko berada di daerah yang bisnis yang ramai dan memiliki prospektif secara ekonomis, misalnya di dekat pasar ataupun pinggiran jalan raya, dekat dengan pusat perbelanjaan, serta pusat hiburan sebuah kota.
Permintaan akan ruko tergolong tinggi, terutama pada kawasan industri, perdagangan, bisnis, dan hiburan. Di wilayahan-wilayah seperti ini, ruko dapat menjadi pendukung ekonomi dan bahkan bisa dijadikan motor utama penggerak roda ekonomi pada sebuah daerah.

Kerugian Berinvestasi Ruko

Prospek bisnis ruko amat bergantung pada lokasi dimana ruko tersebut akan dibangun. Sebuah ruko hendaklah dibangun di lokasi-lokasi yang ramai, pinggir jalan raya, dekat kawasan industri, ataupun dekat dengan pusat perbelanjaan, hingga kemungkinan besar ruko tersebut akan banyak peminat. Sebab, ruko ialah produk properti yang sangat tergantung pada kondisi seperti disebutkan di atas: ramai, memiliki traffic lalu lintas jalanan tinggi, prospek bagus dan lain-lain.
Ruko sangat peka dengan kondisi pereekonomian sebuah wilayah terlebih sebuah negara, ini karena ruko dipergunakan sebagai tempat berbisnis. Dan bila kondisi sebuah negara ataupun wilayah memburuk perekonomiannya, maka besar kemungkinan para penyewa akan berhenti untuk menyewanya atau mencari lokasi bisnis yang lebih murah seperti menyewa rumah  tinggal untuk dijadikan tempat berbisnis/berdagang jika memungkinkan. 
Tentunya hal seperti ini berbeda sekali dengan bisnis sewa rumah yang bagaimanapun kondisi perekenomian sebuah negara/wilayah, maka penyewa tetap harus terus menyewanya untuk tempat tinggal dengan kata lain bahwa rumah sewaan merupakan kebuhan primer bagi penyewanya. 
Tips untuk Anda yang berniat membeli ruko adalah: hindari  yang berlokasi dilingkungan sepi. Baru dibuka dan tidak strategis (walaupun harganya murah atau desain ruko bagus), sebab kemungkinan besar wilayah sekitar lokasi ruko tersebut akan sepi atau membutuhkan waktu yang lama agar menjadi ramai. 
Berkonsultasilah pada konsultan bisnis atau orang yang benar-benar bisa membaca situasi mengenai hal ini dan semoga Anda mendapatkan manfaat setelah membaca artikel Kelebihan dan Kekurangan Berinvestasi Ruko ini.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment