Desain Denah Rumah Minimalis 2 Lantai Type 60

Menghemat lahan dan menghemat biaya merupakan alasan yang cukup relevan ketika orang membuat denah rumah minimalis type 60. Alasan ini cukup realistis mengingat lahan yang terbatas dan harganya yang semakin mahal terutama di wilayah perkotaan, sebab jika dilihat dari tipe-nya, rumah minimalis type 60 termasuk rumah mewah yang hanya bisa dimiliki oleh kalangan tertentu.
Model Denah Rumah Minimalis Type 60 2 Lantai Terbaru
Disatu sisi memiliki rumah minimalis type 60 dengan 2 lantai menjadi keuntungan tersendiri, sebab selain lebih hemat dari sisi lahan dan anggaran, pembagian ruangan didalamnya cenderung lebih mudah. Artinya luas rumah yang cukup besar yaitu sekitar 60 meter persegi sebenarnya dengan 1 lantai saja sudah cukup memadai untuk membuat ruangan-ruangan yang lengkap, apalagi dengan 2 lantai, tentu akan lebih leluasa mengatur jumlah ruangan yang dikehendaki tanpa harus dipusingkan dengan terbatasnya luas rumah.
Perbandingan dengan 1 Lantai
Ukuran rumah minimalis type 60 memang cukup bervariasi, tergantung dari selera masing-masing seperti 6 m x 10 m atau 5 m x 12 m. Jadi jika dilihat dari panjang dan lebar bangunan, tentu sudah dapat dibayangkan berapa jumlah serta ukuran yang akan ditentukan untuk desain dan denah rumah minimalis type 60 2 lantai nantinya.

 

Kita ambil contoh misalnya rumah minimalis type 60 dengan luas keseluruhan 60 meter persegi. Perhitungan secara kasar kita sudah dapat membuat ruangan lengkap yaitu ruang tamu, ruang keluarga, dapur, 1 kamar mandi, dan 2 kamar tidur ukuran standar. Mungkin diantara ruang keluarga dan ruang makan tidak diberi partisi pembatas karena ruang makan sendiri bersebelahan dengan dapur. Dengan desain seperti itu maka rumah minimalis 1 lantai sudah cukup lega, dengan kata lain keberadaan ruangan-ruangan didalamnya tidak membuat ruang gerak penghuni rumah menjadi terbatas.

 

Nah, jika misalnya rumah minimalis type 60 ini dibuat dengan 2 lantai, maka boleh dibilang luas bangunan menjadi dua kali lipat. Secara matematis luas bangunan di lantai 2 dapat dibagi lagi menjadi beberapa ruangan dan dapat difungsikan untuk kepentingan lain seperti kamar tidur anak, kamar tidur tamu, gudang, dan lain sebagainya. Namun mayoritas rumah minimalis type 60 yang didesain dengan konsep modern tidak menggunakan luas bangunan untuk membuat ruangan secara keseluruhan. Umumnya khusus lantai 2 dikosongkan beberapa meter persegi untuk balkon yang nantinya berfungsi sebagai area terbuka, dan biasanya digunakan untuk tempat menjemur pakaian.



Desain dan denah rumah minimalis type 60 2 lantai umumnya diikuti luas area yang ideal. Artinya setelah diambil 60 meter persegi untuk luas bangunan, paling tidak harus menyisakan luas lahan minimal 40 meter persegi. Nah, sisa luas lahan tersebut biasanya difungsikan untuk menyempurnakan kenyamanan rumah seperti pembuatan taman dengan kolam kecil atau area bermain untuk anak dengan fasilitas permainan seperti perosotan atau ayunan.

 

 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment