Desain Atap Rumah Idaman

Rumah yang teduh dan aman dari resiko kebocoran kuncinya hanya satu yaitu desain atap yang kokoh sesuai dengan struktur rumah. Bisa dibilang semewah apapun model rumah tanpa struktur atap yang kuat maka tak bisa menjamin kenyamanan penghuninya.



Selain melindungi rumah secara keseluruhan, atap memiliki pengaruh besar terhadap tampilan eksterior rumah. Untuk setiap model rumah pasti memiliki desain atap yang berbeda, misalnya desain atap rumah minimalis tidak sama dengan atap rumah konvensional.



Jadi ketika membangun rumah terutama saat menentukan desain atap, kita perlu mengetahui model-model atap khususnya dalam hal bentuk, detail, serta desainnya.



Mayoritas bentuk atap yang digunakan oleh masyarakat adalah model atap miring, namun bersamaan dengan booming-nya gaya rumah minimalis maka kemudian tercipta inovasi baru yaitu model atap datar.



Meskipun model atap miring masih tetap digunakan namun untuk rumah minimalis umumnya menggunakan atap datar yang dikombinasikan dengan atap miring. Masalah desain atap selera orang cenderung berbeda, ada rumah minimalis yang menggunakan model atap miring dan banyak pula yang menggunakan model atap datar. Secara fungsi model atap miring jelas lebih efektif dibanding desain atap datar.



Atap miring lebih mudah mengalirkan air dari atap ke tanah, berbeda dengan atap datar yang cenderung menampung air sehingga berpotensi menimbulkan kerusakan atap lebih cepat. Untuk meningkatkan umur pakai komponen atap rumah maka kita perlu menyiasatinya dengan memilih bahan atap yang kuat, anti air, serta mampu mereduksi sengatan matahari.



Seperti yang dikatakan diatas, model atap datar mulai populer dan banyak digunakan untuk rumah-rumah bergaya minimalis. sebenarnya model atap datar tersebut sebagai bentuk karakter modern yang simpel namun tidak meninggalkan unsur keindahan pada rumah minimalis yang bisanya berbentuk kotak. Tak hanya itu, desain atap datar sangat memungkinkan bagi kita untuk membuat kreasi baru diatasnya seperti membuat taman di atap atau membuatnya menjadi area penyimpanan.
















Previous
Next Post »
Thanks for your comment